Sumber Online belajar teknik fotografi untuk pemula dan penyedia kaos bertema fotografi sebagai identitas Anda.

Kamis, 20 September 2012

Peran Tripod dalam Fotografi

Fotografi Pemula - Apakah Sobat memiliki Tripod? Apakah Sobat sering menggunakannya? Dilingkungan kami memotret banyak fotografer digital yang mampu meningkatkan hasil foto mereka, dengan hanya memasang kamera pada Tripod. Oleh karena itu, sekarang kami akan sedikit membahas tentang Tripod beserta kegunaanya.

Tripod

Aturan Memotret tanpa Tripod

Beberapa orang mungkin tidak akan seberapa suka jika sampai pada pembahasan tentang aturan dalam fotografi, tetapi terkadang aturan merupakan hal yang bagus sebagai pertimbangan saat memotret. Aturan ideal memotret hanya dengan tangan kosong (tanpa alat bantu seperti Tripod/Monopod) selalu berkaitan dengan Dua faktor, Shutter Speed serta Focal Length yang Sobat gunakana saat memotret.

Pilih Shutter Speed dengan penyebut atau denominator yang lebih besar dari Focal Length Lensa:
  • Jika Sobat memiliki lensa dengan panjang 50mm maka jangan memotret menggunakan speed lebih rendah dari 1/60 detik.
  • Jika Sobat memiliki lensa dengan panjang 100mm maka memotretlah menggunakan Shutter Speed 1/125 detik atau lebih cepat.
  • Jka Sobat memotret dengan lensa 200mm maka memotretlah dengan menggunakan kecepatan 1/250 detik atau lebih cepat.

Memotret dengan kecepatan tersebut berarti akan meminimalkan efek getaran atau goyangan kamera pada saat memotret, dan juga tentu pada hasil foto kita.

Aturan diatas harap diingat hanyalah semacam panduan awal saat memotret. Itu merupakan aturan yang ada sejak era fotografi film, dan sebaliknya di era fotografi digital orang sudah banyak memotret dengan menggunakan kamera digital yang sudah memiliki fitur 'image stabilization', dimana Sobat bisa menggunakan Shutter Speed yang lebih lambat.

Tripod

Beberapa fotografer pemula mungkin akan mengajukan pertanyaan perihal kenapa seseorang perlu untuk menggunakan sebuah Tripod atau Monopod jika Dia berpegang pada aturan diatas dan selalu memotret dengan kecepatan ideal yang ada pada aturan tersebut. Jawaban dari pertanyaan ini, adalah bahwa dalam kebanyakan kasus aturan ini akan mengeliminasi guncangan kamera yang bisa terlihat secara efektif. Sesekali waktu cobalah melihat gambar lebih dekat, atau memperbesar hasil foto kalian, Kemungkinan Sobat masih menemukan efek dari goncangan kamera meskipun pada hasil jepretan yang menggunakan Shutter Speed cepat.

Mungkin sebagian dari kita akan merasa keberatan jika harus berkeliling membawa tripod, tetapi di lain sisi perangkat ini merupakan aksesoris yang harus di miliki jika ingin membawa dunia fotografi kalian ke tingkatan yang lebih tinggi. Tripod membantu kalian untuk mengeliminasi goncangan kamera, memudahkan penggunaan shutter speed rendah dimana kalian bisa mendapatkan rentang pemilihan Aperture yang lebih luas, dan ini juga berarti membuka peluang terhadap kreatifitas dalam memotret.

Kami terkadang juga bingung melihat kenyataan bahwa masih banyak yang tidak menggunakan Tripod, entah itu dikarenakan malu (menenteng perangkat kemanapun mereka pergi), malas, atau bisa saja pelupa, tetapi hal-hal tersebut merupakan alasan utama seorang fotografer enggan untuk menggunakan Tripod.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel InFotografi.com secara gratis melalui email :
Teknik Fotografi, Updated at: 9/20/2012 02:12:00 PM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...