Sumber Online belajar teknik fotografi untuk pemula dan penyedia kaos bertema fotografi sebagai identitas Anda.

Senin, 01 Oktober 2012

Menggunakan Mode AUTO untuk Belajar Manual


Tips Fotografi - Beberapa waktu lalu ada sebuah pertanyaan menarik di forum kaskus, memang saat itu salah satu admin InFotografi lagi sedikit sharing di website forum terbesar di Indonesia tersebut. Pertanyaan tersebut kurang lebih begini: "Saya sudah lama sekali mencoba menggunakan mode Manual dalam belajar fotografi, tetapi hasilnya jauh dari harapan. ada solusi?". 


Belajar Fotografi


Jika Sobat baru saja belajar fotografi, dan kalian merasa belajar menggunakan menggunakan mode Manual kamera DSLR terasa menakutkan, maka saat ini kami akan sedikit mengulas tips yang biasa dilakukan ketika belajar menggunakan manual. Biarkan Pengaturan kamera Auto memandu kalian, pengaturan AUTO yang memang di set sedimikian rupa untuk kondisi tertentu seperti Portrait, Macro, Sports, Landscape dan lain-lain

Sebagai contoh, gunakan mode Sports. Pada kamera Canon 500D di dalam ruangan, kita mendapatkan pengaturan pada: f/3.5, 1/230 detik, auto ISO.

Apa yang bisa kita dapati dan pelajari dari pengaturan diatas? Sebuah Shutter Speed yang cepat merekam dan membekukan gerakan secara cepat. Mungkin ketika pertama kali belajar akan merasa bingung, kenapa kamera menggunakan f/stop yang lebih kecil ketika menggunakan mode Sports. Mode Landscape menggunakan f/stop tinggi (contoh: f/11). Dan ketika melakukan Sport Photography, bukannya kalian mengambil foto yang jauh seperti halnya pada Landscape? dan bahkan kalian mungkin akan lebih bingung lagi ketika f/stop yang digunakan pada mode Sport, juga banyak berlakunya pada mode pengaturan untuk mode Macro (memotret close-up). Kenapa Aperture rendah? Semoga sobat masih ingat apa yang kami tulis di artikel sebelumnya, bahwa semakin rendah/kecil bilangan, maka bukaan akan semakin lebar dan lebih banyak cahaya yang masuk ke dalam sensor.

Point-nya adalah, jika Sobat menggunakan mode Sport dan shutter dirasa kurang untuk membekukan sebuah gerakan, maka sekarang kalian telah memiliki start yang bagus, untuk kemudian menggunakan mode Manual dan melakukan pengaturan yang sama dengan ketika menggunakan mode Sport, tetapi kali ini naikkan Shutter Speed sedikit lebih cepat. Sobat mungkin diharuskan untuk merubah Aperture atau ISO guna memasukkan cahaya lebih banyak ke dalam sensor, tetapi hal ini akan membantu kalian mulai belajar bagaimana menggunakan Mode Manual.

Teruslah berlatih seperti itu, bahkan Sobat bisa membuat semacam tantangan bagi diri sendiri tiap minggu atau tiap bulan, dan pelajarilah, kenapa mode otomatis kamera memilih pengaturan seperti itu, dan sebelum kalian sadari, Sobat akan memotret secara manual, dan berpikir dan menentukan pengaturan terbaik bagi kamera kalian.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel InFotografi.com secara gratis melalui email :
Teknik Fotografi, Updated at: 10/01/2012 10:40:00 AM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...