Sumber Online belajar teknik fotografi untuk pemula dan penyedia kaos bertema fotografi sebagai identitas Anda.

Kamis, 17 Januari 2013

Optimasi Kamera Handphone

Tips Fotografi - Seperti yang kita semua tahu, bahwa kita hidup dalam era dimana multifungsi adalah segalanya. Era kamera adalah kamera atau MP3 adalah MP3 perlahan telah menghilang. Saat ini kamera digital bisa ditemukan pada beragam gadget, dan itu termasuk pada handphone atau cellphone yang Sobat gunakan sehari-hari. Camera Phone pada kenyataanya adalah salah satu fitur yang berkembang pesat di pasaran, dan peningkatan kualitas banyak sekali ditawarkan di perangkat telephone genggam tersebut (megapixel tinggi, lensa lebih baik, kapasitas storage besar).

365days, day 125


Sayangnya banyak foto-foto yang diambil menggunakan telephone genggam dalam kualitas yang buruk. Hal ini bisa disebabkan oleh memang kualitas kamera yang jelek, tetapi bisa juga teknik yang digunakan hanya asal-asalan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memaksimalkan Camera Phone yang bisa membantu pemiliknya untuk menghasilkan foto-foto yang berkualitas:

  1. Usahakan subyek foto mendapat pencahayaan yang cukup. Semakin bagus pencahayaan terhadap subyek maka akan semakin bagus pula foto yang dihasilkan. Jika memungkinkan memotretlah diluar ruangan atau jika di dalam ruangan maka Sobat bisa menyalakan lampu. Jika Sobat menyalakan lampu untuk menambah pencahayaan pada saat memotret, ingatlah bahwa artificial light memberikan dampak pada warna hasi foto, lakukan uji coba pada pengaturan white balance. Banyak kamera telah dilengkapi dengan flash, dan fitur ini bisa memperbaiki kualitas foto bahkan pada pemotretan outdoor (fill flash). Jika kamera kalian tidak memiliki flash maka hindari memotret di pencahayaan yang terlalu terang, karena bisa menghasilkan semacam foto siluet.
  2. Mendekatlah ke subyek. Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan ketika menggunakan Camera Phone adalah subyek terlihat kecil, dan bahkan terkadang susah untuk dikenali karena jarak pemotretan yang terlalu jauh. Foto-foto telephone genggam cenderung memiliki resolusi rendah, jadi mendekatlahdan penuhi view finder kalian dengan subyek tersebut. Satu hal yang perlu diingat, pada beberapa Camera Phone akan menghasilkan distorsi serta kesulitan fokus ketika memotret terlalu dekat dengan subyek foto.
  3. Minimalkan gerakan ketika memotret.Seperti halnya pada semua kamera pada fotografi digital, semakin stabil Camera Phone saat memotret maka akan menghasilkan foto yang tajam dan bebas dari blur. Hal ini berlaku terutama pada pemotretan pada kondisi rendah cahaya, dimana kamera akan secara otomatis memilih shutter speed yang lebih lambat sebagai kompensasi kurangnya cahaya sekitar. satu trik yang bisa digunakan adalah menyandarkan kamera handphone pada obyek yang solid seperti pohon, dinding, batu pada saat memotret. Perhatikan juga kamera sering mengalami apa yang disebut dengan "Shutter Lag" (waktu antara menekan tombol shutter dan saat memotret membutuhkan waktu Satu sampai Dua detik). Jadi Sobat harus benar-benar menjaga kamera tidak bergerak atau jika tidak maka foto yang dihasilkan akan kabur.
  4. Editing Gambar/Foto. Memang menyenangkan ketika menggunakan fitur software editting gambar yang ada di dalam handphone, tetapi melakukan editting pada komputer bisa memberikan kualitas yang lebih baik. Ambillah foto-foto bewarna dengan resolusi tinggi melalui handphone kalian, maka Sobat akan memiliki banyak pilihan pada saat melakukan editting. Sobat bisa melakukan konversi hitam putih pada komputer, tetapi tidak bisa membuat foto bewarna jika kalian memotret dalam bentuk hitam putih.
  5. Jangan buang foto "Salah" Banyak kamera handphone yang sudah dilengkapi dengan perangkat lunak editing gambar, tetapi kualitasnya akan jauh lebih baik jika dilakukan pada komputer (PC). Jadi tetap simpan hasil foto kamera kalian, dan review kembali menggunakan layar monitor, Bahkan terkadang foto yang dianggap "salah" (blur) masih bisa berguna (foto abstrak).
  6. Hindari penggunaan Zoom. Mungkin sobat pernah menggunakan zoom pada saat memotret melalui Camera Phone, jika zoom pada kamera tersebut termasuk 'digital zoom' maka itu akan mengurangi kualitas foto kalian.
  7. Bermain-mainlah dengan White Balance. Jumlah kamera handphone yang memiliki fitur white balance terus meningkat, dan fitur ini memungkinkan Sobat untuk merubah keseimbangan warna terhadap kondisi saat pemotretan. lakukan uji coba dengan fitur ini untuk mendapatkan feel yang lebih memiliki efek pada foto kalian. Fitur ini pada beberapa kamera yang berbeda akan menghasilkan dampak yang berbeda pula. Baca buku manual untuk mengetahui bagaimana pengaturan tersebut bekerja.
  8. Perbanyak memotret dan eksperimen. keuntungan dari fotografi digital (termasuk camera phone) adalah kemampuan untuk memotret dalam jumlah banyak dalam waktu yang cepat serta biaya yang sedikit. Hal ini berarti Sobat bisa bereksperimen dan langsung menghapus foto yang tidak kalian inginkan. Camera Phone bagus untuk beruji coba angle-angle serta prespektif baru.
  9. Ikuti aturan komposisi.Pelajari beberapa aturan dasar komposisi seperti Rule of Thirds. Jangan meletakkan subyek foto di tengah-tengah frame (tetapi di sepertiga frame). Tips sederhana seperti ini bisa membuat foto kalian lebih hidup. tetapi ingat juga bahwa keindahan Camera Phone adalah untuk mendobrak aturan-aturan konvensional tersebut. Terkadang foto-foto yang hebat adalah foto-foto yang melanggar aturan.
  10. Jaga Lensa agar tetap bersih. Salah satu tantangan pada banyak kamera handphone adalah bagaimana menjaga lensa agar tetap bersih. Telephone genggam banyak menghabiskan waktu di dalam saku, tas serta digunakan pada cuaca buruk seperti hujan, dan ini memberikan dampak lensa yang kotor serta baret. Sidik jari juga merupakan masalah umum pada lensa kamera, terutama jika handphone kalian tidak memiliki cover atau pelindung. Bersihkan lensa kamera handphone kalian dengan menggunakan kain yang lembut secara teratur.
  11. Gunakan resolusi tertinggi.Beberapa kamera memungkinkan penggunanya untuk memilih resolusi yang digunakan untuk memotret. Semakin tinggi resolusi yang kalian gunakan, maka semakin bagus kualitasnya. Hal ini akan lebih terasa terutama pada kamera handphone yang memiliki sensor dibawah 1 megapixel. Perhatikan juga bahwa semakin besar ukuran resolusi maka semakin besar ukuran file gambar atau foto yang dihasilkan.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel InFotografi.com secara gratis melalui email :
Teknik Fotografi, Updated at: 1/17/2013 01:44:00 PM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...