Sumber Online belajar teknik fotografi untuk pemula dan penyedia kaos bertema fotografi sebagai identitas Anda.

Selasa, 15 Januari 2013

Rahasia Membuat Foto HEBAT!!!

Dunia Fotografi - Hampir setiap orang yang menenteng sebuah kamera pasti menginginkan membuat sebuah foto yang membuat orang lain mengucapkan: "Wow! Foto yang bagus!", tetapi sayangnya hanya beberapa orang yang berhasil mendapatkannya. Kenapa? Mungkin karena tidak banyak orang yang mengetahui apa sebenarnya yang membuat sebuah foto itu bagus menurut kebanyakan orang. Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat sebuah foto menjadi luar biasa.

Lightroom Preset Photography


1. Foto bagus adalah yang terkomposisi dengan benar - Banyak sekali buku maupun artikel yang mengulas tentang komposisi dalam fotografi, dan memang sebaikna Sobat menyisihkan waktu membaca apa yang diulas didalamnya. Untuk sementara beriku ini adalah beberapa tips yang layak untuk diingat:
  • Mendekatlah ke subyek foto. Sebagai contoh jika Sobat melihat sebuah bunga mawar yang terlihat menarik dengan embun pagi di kelopak bunganya, maka mendekatlah pada bunga tersebut. Semak-semak yang ada di sekelilingnya bisa menjadi pengalih perhatian (distraction). Contoh yang lain: Jika Sobat sedang memotret wajah kegemberiaan dari seorang anak kecil ketika memenangkan sebuah perlombaan sepak bola, maka tunjukkan sedikit lapangan bola di belakang mereka sehingga penikmat foto bisa menggambarkan secara penuh. Gambar tersebut bukan tentang seorang anak yang bahagia, melainkan tentang seorang anak yang memenangkan sebuah pertandingan sepakbola, tunjukkan hal tersebut pada penikmat foto kalian.
  • Framing. Jika Sobat memotret sebuah landscape, cobalah gunakan cabang pepohonan sebagai foreground. Sobat juga bisa menggunakan framing ketika memotret orang, sebagai contoh Sobat bisa melakakun framing pada sekelompok anak kecil yang bermain di taman menggunakan ayunan sebagai foreground. Cobalah sekreatif mungkin.
  • Gunakan Rule of Thirds. Percayalah komposisi ini mudah untuk dilakukan, bayangkanlah tiga garis horisontal yang melintang pada foto kalian, dan bayangkan juga tiga garis vertikal pada foto yang salam. Titik singgung antara garis-garis tersebut merupakan bagian terpenting dimana kalian meletakkan subyek dalam foto kalian. Cobalah memotret menggunakan prinsip komposisi ini, dan cobalah juga untuk meletakkan subyek ditengah-tengah dan lihatlah bagaimana perbedaannya.
2. Foto bagus adalah foto yang memiliki exposure yang pas - Foto yang memiliki exposure buruk tidak akan pernah menjadi foto yang hebat. Meskipun anda mengolahnya dengan perangkat editing gambar sekalipun tidak akan memberikan hasil yang bagus dibandingkan foto yang memiliki exposure yang benar. Luangkan waktu untuk mempelajari bagaimana menggunakan metering pada kamera digital kalian.

3. Foto bagus bisa memainkan perasaan - Sebuah foto yang bagus mampu membangkitkan emosi, dari tertawa melihat foto kucing konyol yang terjerat tali sampi perasaan sedih dan ngeri ketika melihat foto korban perang. Foto setidaknya harus membangkitkan perasaan yang kuat pada penikmat foto, jadi sebelum kita menekan tombol shutter, tanyakan pada diri Sobat sendiri emosi apa yang ingin kalian hadirkan pada foto tersebut. Identifikasikan perasaan sebelum Sobat memotret, dan secara otomatis foto-foto kalian akan mengalami peningkatan.

4. Foto bagus adalah yang bercerita - Pertama mendengar hal ini mungkin akan sedikit susah mempercayainya, tetapi sebuah foto yang bagus selalu menyampaikan sebuah cerita. Jika foto tersebut adalah foto seseorang, maka foto yang bagus adalah menceritakan siapa orang tersebut. Sebuah foto siswa selalu memotret bagaimana "tampang" siswa tersebut, dan jarang bercerita siapa sebenarnya anak tersebut.

5. Foto bagus adalah yang menceritakan sesuatu tentang kehidupan - Foto bagus adalah yang menceritakan sesuatu pada penikmat foto dan bukan hanya bagaimana suatu obyek tampak. Mereka memperlihatkan lebih dari sebuah subyek foto. Sebuah foto yang batus menceritakan tentang sesuatu tentang kehidupan itu sendiri. Foto tersebut bisa membuat seseorang berpikir. Sebuah foto kucing yang sedang bermain dengan untaian benang atau tali bisa memperlihatkan bagaimana kehidupan sebenarnya bisa menyenangkan dan kita bisa bermain jauh dari pemikiran negatif. Foto sebuah pegunungan tidak lagi menjadi menarik ketika penikmat foto hanya bisa melihat bebatuan. Dengan menyertakan jurang bisa memberikan cerita kehidupan bisa menjadi berbahaya. Gunakan foto kalian untuk menyampaikan hal-hal yang Sobat ketahui kebenenarannya dalah kehidupan.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel InFotografi.com secara gratis melalui email :
Teknik Fotografi, Updated at: 1/15/2013 04:23:00 PM

1 komentar:

  1. kesimpulan foto bagus berarti foto yang correct exposure, komposisi sedap dipandang dan fokus akurat,sudah sesuai keinginan dan imajinasi fotografernya, dan menginspirasi pemirsanya :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...