Sumber Online belajar teknik fotografi untuk pemula dan penyedia kaos bertema fotografi sebagai identitas Anda.

Senin, 23 September 2013

JPEG vs RAW

Teknik Fotografi - Kamera pada saat pengambilan foto, akan mengirimkan informasi dari sensor gambar melalui prosesor ke memori card. Pengaturan Image Quality merupakan kontrol terhadap bagaimana data gambar yang berasal dari sensor diproses sebelum sampai ke memory card. Sobat bisa memilih untuk mendapatkan gambar dengan kualitas terbaik, atau resolusi rendah agar lebih banyak foto yang muat di memory card. Mana yang Sobat pilih? Pilihan ada pada kalian, tetapi alangkah baiknya jika kita mengerti pilihan-pilihan yang disediakan oleh kamera agar bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan kita.

 Photo: JSB Photographs

 

RAW dan JPEG

Ada dua format file yang digunakan oleh kamera digital sebagai penyimpanan: RAW dan JPEG. RAW seperti penamaannya merupakan file yang belum terproses (mentah) dan berisi semua data orisinil yang direkam oleh sensor kamera. RAW digunakan ketika kita membutuhkan kualitas gambar maksimal serta keleluasaan saat post processing. File RAW berukuran besar, dan ini berarti jumlah maksimal file di memory card akan berkurang serta kecepatan pengambilan gambar akan semakin lama. Memotret menggunakan file JPEG memiliki beberapa keuntungan, dan ini sering digunakan oleh fotografer pemula. Gambar atau foto yang disimpan dalam bentuk JPEG memiliki waktu pemrosesan yang lebih cepat dibandingkan RAW, dan memerlukan ruang memory yang lebih kecil, tetapi kualitas gambar lebih rendah dari RAW. JPEG merupakan kependekan dari Joint Photographic Experts Group.

 Kualitas Gambar dan Kapasita Memory Card


Kamera yang beredar di pasaran sekarang ini kebanyakan telah memungkinkan kita untuk memilih RAW + JPEG, satu file JPEG untuk review dan Satu file RAW yang bisa digunakan untuk post-processing.

JPEG: Image Compression

Menggunakan file JPEG memerlukan pertimbangan pada kualitas dan ukuran gambar. Menggunakan JPEG memiliki konsekuensi hilangnya informasi gambar pada saat kompresi. Semakin banyak file JPEG terkompres maka semakin banyak juga kehilangan informasi, dan ini berarti kualitas gambar akan berkurang. Sobat bisa mengatur tingkat kompresi ketika memotret menggunakan JPEG. Kamera kebanyakan memiliki Tiga pilihan: kompresi minimal, medium dan maksimal. Jika Sobat memilih minimal, maka Sobat akan tetap mengurangi ukuran file tetapi sedikit kehilangan informasi gambar, kualitas terbaik dari JPEG hampir tidak bisa dibedakan dengan file RAW. Pengaturan inilah yang menjadi favorit kebanyakan fotografer.


ketika Sobat mengkompresi gambar lebih jauh lagi, maka Sobat akan semakin kehilangan informasi gambar, dan tentu kualitas gambar akan semakin menurun. Dampak yang biasa terlihat adalah munculnya blok dan noise.

Masalah kualitas gambar JPEG biasanya tidak terlihat pada gambar yang dicetak kecil, tetapi jika Sobat melakukan cropping  dan diperbesar atau mencetaknya ukuran lebih besar dari A4 maka akan mudah menemui masalah yang ditimbulkan oleh kompresi tersebut.

 Ukuran Gambar/Foto

Seperti halnya memotret menggunakan resolusi maksimal, Sobat juga bisa mengatur kamera agar menghasilkan foto dengan resolusi rendah. Biasanya foto resolusi rendah dipergunakan untuk keperluan website. Pengaturan terendah biasanya pada kisaran Dua sampai Empat megapixels.

JPEG Compression

Kompresi JPEG pada tiap merk kamera dilambangkan berbeda seperti terlihat pada gambar diatas. Tetapi yang perlu diingat adalah: Pilih kompresi minimal untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus, dan kompresi maksimal ketika Sobat ingin memaksimalkan ruang pada memory card.



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel InFotografi.com secara gratis melalui email :
Teknik Fotografi, Updated at: 9/23/2013 01:40:00 PM

2 komentar:

  1. Om, saya mau tanya nih
    Saya pengguna Nikon D5200 dan mengggunakan memory SDHC 8Gb namun saat akan me-view foto terasa loading lama ketika kita memfoto lebih dari 1 sekaligus.
    Apakah itu normal ? Atau saya harus mengganti memory SDHC saya dengan SDXC karena di box pembelian tertulis SDXC bukan SDHC ?
    Terima Kasih, maklum masih newbie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm begini.. tiap kamera biasanya memiliki rekomendasi kartu memori sendiri agar performa read and write bisa maksimal... SDXC = XC berarti eXtended Capacity. SDXC memiliki kapasitas lebih besar dari SDHC (diatas 32GB), dan memiliki transfer rate diatas SDHC.

      Penggantian Memory Card mungkin bisa menjadi solusi, tetapi alangkah baiknya jika Sobat mencoba untuk memformatnya terlebih dahulu (format di kamera jangan di PC) atau coba SDHC yang lain apakah masih terasa lama?

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...